Adsense Header

Tempat Mandinya Putri Raja, Tamansari



WISATA- Berlibur ke Jogjakarta tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton Yogyakarta.

Kompleks Taman Sari setidaknya dapat dibagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat. Bagian kedua adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua. Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.

Didalam komplek terdapat kolam pemandian yang disebut "Umbul Binangun yang merupakan kolam pemandian bagi Sultan, permaisuri, para istri (garwo ampil), serta para putri-putri raja. Kompleks ini dikelilingi oleh tembok yang tinggi. Untuk sampai ke dalam tempat ini disediakan dua buah gerbang, satu di sisi timur dan satunya di sisi barat. Di dalam gerbang ini terdapat jenjang yang menurun.

Di kompleks Umbul Pasiraman terdapat tiga buah kolam yang dihiasi dengan mata air yang berbentuk jamur. Di sekeliling kolam terdapat pot bunga raksasa. Selain kolam juga terdapat bangunan di sisi utara dan di tengah sebelah selatan.

Ditempat ini terdapat banyak spot menarik untuk berpoto, hanya dengan tiket Rp5000 dan Rp2000 untuk izin foto kita sudah bisa menikmati objek wisata sejarah ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.