Adsense Header

Curug Wangun, Air Terjun Tertinggi di Jawa Barat


Alam ranjtana/kompepar for Kurangpiknik.id

WISATA- Memiliki tinggi sampai dengan 150 Meter dengan empat tingkatan, Curug Wangun menjadi curug tertinggi di Jawa Barat.
Berada di Kampung Citombe Desa Buniara Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang Jawa Barat, Curug Wangun segera di buka menjadi Objek wisata baru di Kabupaten Subang.
Kompepar Kabupaten Subang bersama warga setempat akan membuka akses jalan serta memperbaiki Fasilitas penunjang untuk kenyamanan para wisatan.

BELUM RESMI DIBUKA
Curug Wangun Berada di Kampung Citombe Desa Buniara Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang Jawa Barat ini memang belum secara resmi dibuka menjadi objek wisata, namun sudah banyak warga yang mengunjunginya.
Sebelumnya warga setempat pernah membuka akses jalan menuju lokasi Curug wangun, namun sudah rusak dan tidak terawat.

ALAM YANG MASIH ASRI
Karena bulum banyak di kunjungi orang, Curug Wangun ini masih sangat asri dan alami, alamnya masih bersih dan udaranya sangat segar. Berada di pegunungan yang berada di areal Perhutani, areal di sekitar curug wangun masih di penuhi pepohonanan besar yang menambah keindahan curug wangun.

AKSES LOKASI
Untuk menuju lokasi Curug Wangun tidak terlalu sulit, kawan piknik dari kota subang harus berkendara menuju Kecamatan Tanjungsiang, setelah melewati Pasar Tanjungsiang berbelok menuju Buniara, kemudian setelah berkendara sekitar 3 kilo meter belok kearah kiri menujun Kampung Citombe.
Jalan menuju Curug Wangun sudah cukup bagus, jalanya sudah beraspal baik untuk dileawyi kendaraan roda dua maupun roda empat. Setelah sampai di Kampung Citombe, kawan piknik bisa menitipkan kendaraan di halaman rumah warga, cukup memberikan uang Rp5 ribu untuk penitipannya.
Selanjutnya, kawan piknik harus berjalan kaki untuk mencapai lokasi Curug Wangun.  Perjalanan di butuhkan sekitar 30 menit dari tempat parker sampai lokasi. Akses jalanya cukup baik sudah di semen namun sudah sedikit rusak jadi harus sedikit berhati-hati.

AIR TERJUN TERTINGGI di JAWA BARAT
Walaupun memiliki tinggi sekitar 150 meter dengan 4 tingkatan, Curug Wangun tidak memiliki kubangan di bawahnya, hal itu karena Curug wangun ini landau dan bertingkat-tingkat.
Jangan Khawatir, Kawan piknik yang ingin menikmati kesegaran air di Curug Wangun bisa mandi beberapa undakan/tingkatan air terjun tersebut. Kontrunya berbatu dan tidak licin jadi aman untuk mandi.

SEJARAH
Curug wangun ini terbentuk bukan secara alami, awalnya curug ini tidak terlalu besar airnya kecil. Namun atas inisiatif warga bernama Pak Empit di buat lebih besar untuk kepentingan pengairan/irigasi sawah di sekitar lokasi.
Maka dari itu curug tersebut diberi nama Curug Wangun yang dibanguun untuk kepentingan pengairan sawah di Desa Buniara.
Satu lagi yang tidak kalah penting untuk masuk ke Curug Wangun gratis..








Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.